Pada hari Senin (13/4), Unika Soegijapranata meluncurkan buku dengan judul “21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat” yang ditulis oleh 21 dosen dalam 21 hari menjalani pembelajaran daring sejak semua kampus di Semarang mengumumkan penerapan mode pembelajaran daring untuk membatasi dan memotong rantai penyebaran Covid-19. Mereka terdiri dari dosen junior maupun senior, dosen tetap maupun tidak tetap, generasi baby boomer sampai dengan Gen-Y, dari berbagai fakultas di Unika Soegijapranata.
Meskipun dari sisi infrastruktur dan sistem penjaminan mutu pembelajaran daring di Unika Soegijapranata terbilang siap, namun perbedaan generasi, habitus atau kebiasaan, dan bidang keilmuan, menjadikan refleksi masing-masing dosen bisa berbeda satu sama lain. Motivasi, strategi, dan kontemplasi atas aktivitas pembelajaran daring menjadi output dari ke-21 refleksi tersebut.
Bukan hanya soal kemampuannya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring, tetapi juga refleksi akan nilai-nilai kemanusiaan yang dicoba untuk diinsersikan ke dalam pembelajaran daring, praktek integritas yang mungkin sulit dilakukan dalam kondisi darurat, usaha-usaha untuk tampil prima dalam kondisi darurat, maupun strategi-strategi yang disusun berdasarkan keilmuan masing-masing dosen dalam menjalankan pembelajaran daring.
Semua refleksi ini sekaligus menggambarkan seberapa besar kecintaan dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar, sebagai orangtua bagi mahasiswanya di kampus, maupun tanggung jawabnya sebagai pendidik professional kepada stakeholder. Melalui ke-21 tulisan ini, semoga dapat menjadi bahan literasi maupun refleksi dalam menjalankan peran kita masing-masing ketika kondisi darurat menghadang. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bacaan bagi semua pihak untuk melihat kembali pergulatan batin dosen-dosen semasa Kondisi Luar Biasa (KLB) Covid-19 menerjang Indonesia.
Daftar Isi 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat
- Bahtera Dunia Pendidikan di Masa Pandemi
Frederick Ridwan Sanjaya
- BDR – Beratkah untuk orang IT?
Robertus Setiawan Aji Nugroho
- Akuntansi dalam Kuliah Daring dan Seni Belajar Mengajar
Bernadia Linggar Yekti Nugraheni
- Belajar Di Rumah, Mengajak Mahasiswa Berbenah
Christin Wibhowo
- Dinamika Partisipasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring
Cecilia Titiek Murniati
- Eksplorasi Prinsip Andragogi untuk Metode pembelajaran Daring
Kristiana Haryanti
- Pembelajaran Daring dan Merdeka Belajar
Eny Trimeiningrum
- Nilai-Nilai Soegijapranata dalam Menyikapi Pembelajaran Daring
Bernadeta Lenny Setyowati
- Never Too Old to Learn: Dosen Gen-X Menjawab Tantangan Mengajar Daring
Angelika Riyandari
- Menjawab Tantangan Teknologi Daring Menuju Kelulusan Tepat Waktu
Victoria Kristina Ananingsih
- Library 5.0: Pemanfaatan Moodle untuk Layanan Rujukan Informasi Ilmiah dan Pendampingan Literasi Informasi Online
Rikarda Ratih Saptaastuti
- Work From Heart: Menjaga Humanisme dan Integritas dalam Kuliah Daring
Elizabeth Lucky Maretha Sitinjak
- Minus Malum Kebijakan Pembelajaran Daring di Tengah Kondisi Darurat
Antonius Suratno
- Dunia Tunggang Langgang: Belajar untuk Mengajar
Benediktus Danang Setianto
- Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring
Ignatius Dadut Setiadi
- Kecerdasan Jamak, Belajar Mandiri, dan Kuliah Daring
Meiliana
- Strategi Kuliah Daring Berbasis Video Conference
Albertus Dwiyoga Widiantoro
- Pandemi dan Revolusi Proses Desain Arsitektur
Christian Moniaga
- Menghitung Hari dari Dalam Rumah
Antonius Maria Laot Kian
- Lain Ladang Lain Belalang, Lain Generasi Lain Adaptasi
Tjahjono Rahardjo
- Dinamika Pendidikan dalam Kemandirian Belajar
Theresia Dwi Hastuti