Search
Close this search box.

Sambut Mahasiswa Baru, Unika Integrasikan New Media

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD saat membuka pelaksanaan PTMB 2020 Unika secara virtual bersama tim Kreatif

Unika Soegijapranata yang belum lama ini masuk sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik se-Jawa Tengah selama dua tahun berturut-turut versi Kemendikbud 2019 dan 2020, serta prestasi besar lainnya seperti 50 Promising Indonesian University di tahun 2005, peraih SNI Award sebagai bagian dari penjaminan mutu perguruan tinggi di tahun 2009, serta di tahun 2016 Unika merupakan PTS pertama di Jawa Tengah yang terakreditasi A, pada hari Selasa ini (1/9) telah mengawali  penyelenggaraan acara Pembekalan Terpadu Mahasisa Baru (PTMB) yang sesuai rencana akan dilaksanakan selama empat hari hingga Jumat depan (4/9) secara daring.
Seperti yang diutarakan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD yang diwawancarai setelah membuka acara PTMB Unika tahun 2020 di ruang virtual Unika Soegijapranata.
“Biasanya pembukaan acara PTMB Unika Soegijapranata, selalu dilakukan secara bersama-sama di lapangan Albertus mulai pukul 07.00 wib. Namun sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud, PTMB tahun 2020 ini kita laksanakan secara spesial yaitu dengan daring  karena masih dalam masa pandemi covid-19,” jelas Cecilia Titiek Murniati PhD.
Seperti PTMB tahun sebelumnya, muatan materi pada awal pembekalan PTMB ini akan diisi dengan informasi umum, baru kemudian di hari berikutnya akan disampaikan materi tentang nilai-nilai Mgr Soegijapranata, kemudian di hari ketiga dan keempat akan diisi oleh kegiatan dari fakultas dan program studi, lanjutnya.
Dengan PTMB daring ini, walaupun mahasiswa tidak datang ke kampus tetapi tetap bertemu secara virtual. Disamping itu kami merasa PTMB ini penting untuk inisiasi sebagai mahasiswa baru. Mahasiswa baru harus diperkenalkan dengan nilai-nilai yang ada di Unika, karena itu kami merancang agar apa yang biasanya kami lakukan secara offline itu bisa kami lakukan secara online dengan berbagai platform seperti youtube untuk hari pertama dan keempat, kemudian ada yang menggunakan jitsi meet, google meet, kemudian zoom untuk acara di fakultas.
Segala persiapan untuk PTMB tahun ini sudah kami rancang dan atur sejak bulan April 2020, bersama tim kreatif yang diketuai oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Benny Danang Setianto SH LLM MIL.
Kami berharap segala aktifitas ini bisa diikuti oleh semua mahasiswa baru dengan baik. Dan Unika Soegijapranata tentu saja akan tetap semangat untuk melayani mahasiswa dari awal mereka masuk hingga lulus dari Unika Soegijapranata, papar Cecilia.
Saat ditanya mengenai asal mahasiswa baru tahun 2020 ini, Cecilia Titiek Murniati PhD menyampaikan bahwa dari sekian banyak mahasiswa yang akan kuliah di Unika ini, seperti PTMB tahun-tahun sebelumnya juga tersebar dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sabang sampai dengan Merauke. Dan penyematan pin maupun pemakaian jas almamater bagi mahasiswa baru dari berbagai daerah ini secara simbolis juga akan kami lakukan secara face tracking animation, imbuhnya.
Antusiasisme Bertransformasi
Sementara tim kreatif PTMB Unika juga mencoba menggarap secara berbeda beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan mengingat pandemi covid-19, seperti yang disampaikan oleh Ketua tim kreatif PTMB Benny Danang Setianto SH LLM MIL.
“ Persiapan untuk memasuki dunia digital, sebenarnya sudah kami persiapkan jauh hari sebelumnya yaitu sejak tahun 2011 dan selalu kita update. Sedangkan khusus untuk pelaksanaan acara PTMB 2020 ini, memang kami berusaha keras untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan di dalam proses pengenalan mahasiswa baru  terhadap kampus Unika,” ujar Benny Danang Setianto.
Kita juga design channel secara khusus di https://www.unika.ac.id/ptmb/ .Disitu para mahasiswa benar-benar bisa berinteraksi, tidak saja mahasiswa dengan Unika sebagai lembaga, tetapi nanti antar mahasiswa berdasarkan pengelompokan-pengelompokan bisa berintegrasi, berdiskusi dan mengenal lebih dalam.
Tim kreatif juga telah mempersiapkan berbagai macam film dengan menggunakan kamera 360, sehingga mahasiswa baru yang melihat dari rumah, benar-benar bisa menangkap atau mengcapture lebih detil kampus Unika secara virtual. Harapannya setidak-tidaknya para mahasiswa bisa membayangkan seperti apa nantinya jika new normal itu diberlakukan dan mereka sudah bisa memasuki kampus, urainya.
Kita juga melibatkan para mahasiswa lama yang tergabung dalam co-trainer untuk membimbing adik-adik kelasnya meskipun dilakukan secara daring. Hal ini dimaksudkan supaya transformasi informasi tidak hanya secara kelembagaan tetapi juga dari senior-seniornya supaya mereka bisa menceritakan secara lebih jujur apa yang dialaminya selama menempuh studi di unika Soegijapranata, baik pada saat masih melakukan perkuliahan secara luring atau offline maupun pembelajaran daring.
“Apa yang kami lakukan sesuai dengan tema dari PTMB tahun ini yaitu ’Antusiasisme Bertransformasi’. Kita menganggap bahwa mau tidak mau apa yang terjadi saat ini adalah proses transformasi,” jelas Benny kemudian.
Proses transformasi dimaksud, yang pertama adalah proses transformasi untuk memasuki dunia kampus dari dunia putih abu-abu dimana mereka sehari-hari berseragam ketika sekolah, ke pakaian yang lebih bebas atau casual. Yang kedua, mereka bisa memilih kelas selama studi, dan mengatur kehidupan belajarnya sendiri tidak seperti ketika mereka masih sekolah di SMA. Yang ketiga, adalah transformasi karena pandemi covid-19 ini, ketika mereka harus memanfaatkan banyak teknologi-teknologi digital dan untungnya Unika sudah siap dengan itu, sehingga mereka juga harus membiasakan diri dengan kebiasaan baru ini.
“Oleh karena itu kita memilih tema ‘Antusisisme Bertansformasi’ supaya bisa mendorong siapa saja termasuk mahasiswa baru agar bisa melakukan transformasi ini dengan antusias, bukan dengan keterpaksaan atau mengeluh tetapi membangkitkan kesukacitaan untuk selalu bertransformasi secara antusias,” tutupnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom