Search
Close this search box.

7 Inovasi Unika Soegijapranata, Memberi Pengalaman Kuliah Virtual yang Berbeda

image

Kemajuan teknologi merupakan keniscayaan bagi perguruan tinggi. Beragam inovasi dan kreasi harus ditumbuhkembangkan untuk beradaptasi dengan perkembangan.

Hal inilah yang sedang dan telah dilakukan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah. Humas Unika Soegijapranata, F Yuwono Agus mengatakan, Unika Soegijapranata telah memiliki tujuh inovasi layanan atau fitur secara daring, baik bagi mahasiswa maupun stakeholder lain yang berkepentingan.

Fitur tersebut diyakini bermanfaat untuk memaksimalkan layanan serta memberikan solusi atas permasalahan, terutama selama pandemi Covid-19. Nah, berikut ini tujuh inovasi yang telah disediakan Unika Soegijapranata:

VR Library

Perpustakaan Unika menyediakan perangkat Virtual Reality (VR) bagi mahasiswa. Inovasi ini akan memberikan pengalaman baru dalam literasi digital dan mencari pustaka di ruang virtual, tidak hanya di dalam ruangan perpustakaan saja.

Augmented Reality (AR) Assistant

Layanan melalui aplikasi smartphone ini bertujuan melihat kemunculan sosok pustakawan yang akan bercerita tentang rangkuman buku yang dicari oleh mahasiswa. Teknologi Augmented Reality (AR) memungkinkan gabungan antara realitas nyata (buku dan rangkumannya) dan realitas digital (sosok pustakawan yang menceritakan rangkuman).

“Untuk mengetahui sosok pustakawannya, mahasiswa dapat mengarahkan kameranya ke sampul buku untuk melihat kemunculan sosok pustakawan yang akan bercerita tentang rangkuman buku tersebut,” jelas Agus.

Holy atau Hologram Library

Fitur ini merupakan sosok virtual yang muncul pada saat mahasiswa masuk ke dalam perpustakaan dan menyapa nama pengunjung secara pribadi, serta menginformasikan status peminjaman yang masih ada di perpustakaan.

Vanika atau Virtual Assistant Unika

Layanan ini berupa “teman virtual” bagi mahasiswa yang bisa ditanya selama 24 jam terkait berbagai hal, seperti urusan akademik, keuangan, kemahasiswaan, perpustakaan, magang dan lowongan kerja, pertukaran pelajar, serta pendaftaran mahasiswa baru.

Gamifikasi dalam Bimbingan Tugas Akhir

Layanan ini memiliki beberapa fungsi, seperti pencatatan aktivitas bimbingan tugas akhir, Delta (Dokumentasi Elektronik Tugas Akhir) yang mengajak mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih kaya karena di dalamnya tersimpan fitur Gamifikasi. Setiap aktivitas mahasiswa akan dihitung poinnya. Kecepatan, kegigihan, ketekunan, keakuratan, dan penyelesaian seluruh tahapan akan dikumpulkan menjadi skor keseluruhan.

Wisuda Virtual Face Tracking dan Augmented Reality

Wisuda secara tatap muka saat ini belum memungkinkan dilaksanakan. Maka, Unika Soegijapranata menggelar wisuda secara daring dengan menggunakan teknologi face tracking yang memungkinkan wisudawan serasa berada di lokasi acara dan augmented reality yang melibatkan wisudawan ketika dipindahkan tali toganya secara virtual.

Stela atau Simulator Teknologi Pembelajaran

Agar mahasiswa dapat mengeskplorasi berbagai informasi maupun bahan pembelajaran secara virtual, Unika Soegijapranata menyediakan booth yang dilengkapi dengan teknologi sensor dan Virtual Reality. Stela juga berfungsi sebagai customer service yang akan melayani pertanyaan terkait dengan kebutuhan mahasiswa di gedung tempat kuliah masing-masing mahasiswa.

https://www.kalderanews.com/2020/10/7-inovasi-unika-soegijapranata-memberi-pengalaman-kuliah-virtual-yang-berbeda/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom