Search
Close this search box.

Dosen Unika Ciptakan Perahu Bertenaga Solar Cell di Waduk Jatibarang

Perahu solar cell bertenaga surya saat diluncurkan ke dalam waduk jatibarang

Tim Pengabdian Dosen Unika Soegijapranata yang diketuai oleh Dr Florentinus Budi S ST MT dan beranggotakan tiga dosen lainnya yaitu Shandy Jenifer Matitaputty SE MSi, Dr E Lucky Maretha Sitinjak  MSi CPA, dan Dr. Lindayani, pada hari Kamis (26 /11) telah hadir dalam peresmian penggunaan perahu solar cell tenaga surya bersama Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di daerah wisata air Waduk Jatibarang Gunung Pati, Semarang.
Dalam acara peresmian tersebut diluncurkan perahu yang sudah dirancang konstruksinya menyesuaikan dengan tenaga yang bersumber dari solar cell tenaga surya sebagai penggerak baling-balingnya. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdian Unika Soegijapranata di Waduk Jatibarang, Dr Florentinus Budi S ST MT.
“Awalnya kita melihat keprihatinan di waduk jatibarang, karena keperluan masyarakat terhadap waduk ini selain untuk wisata, ternyata air dalam waduk ini juga digunakan untuk air baku PDAM. Dan sebagai air baku PDAM, timbul kekhawatiran apabila air waduk yang juga digunakan untuk wisata air tersebut akan tercemar oleh limbah bahan bakar dari perahu wisata yang digunakan dalam waduk tersebut,” jelas  Dr FL Budi.
Melihat kondisi tersebut, kami mencoba memikirkan solusi alternatif, yaitu dengan menggunakan  tenaga listrik dari solar cell tenaga surya. Dan dari solusi yang kami tawarkan tersebut, kami ajukan proposalnya ke Dikti dan disetujui, hingga akhirnya sekarang sudah bisa kita realisasikan, setelah sebelumnya tertunda beberapa waktu akibat pandemi covid-19 dan area wisata di tutup, lanjutnya.
“Ada beberapa keuntungan yang diperoleh apabila perahu wisata bisa dialihkan ke tenaga surya, yang pertama tentu lebih hemat karena sumber panasnya dari matahari, kedua tidak bising atau tidak ada suara mesin, ketiga kita dapat meminimalkan polusi di air waduk ini,” tuturnya.
Kita berharap apa yang sudah kita rancang dan realisasikan ini dapat ditularkan ke waduk lainnya, supaya air waduk yang sangat vital untuk kebutuhan manusia ini tetap terjaga lingkungannya dan terhindar dari polusi, ungkap Dr FL Budi.
Dr Florentinus Budi S ST MT selaku ketua tim pengabdian saat memberikan pengarahan saat acara peresmian

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Dr FL Budi, Sekretaris POKDARWIS Suko Makmur Waduk Jatibarang, Widodo mengemukakan bahwa POKDARWIS sudah lama menjadi  binaan Unika Soegijapranata yaitu sejak tahun 2015. Kerjasama yang dijalin antara lain pada bidang pariwisata, handicraft, kuliner dan sekarang berkembang ke perahu wisata dengan menggunakan solar cell tenaga surya.
“Memang di masa pandemi covid-19 yang menjadi andalan dalam POKDARWIS Waduk Jatibarang adalah dari kelompok kerja (pokja) perahu, sementara pokja lainnya seperti kuliner, sovenir, homestay, dan kesenian tampak masih agak lesu,” ucapnya.
Kami dari POKDARWIS beserta seluruh anggota mendukung dengan antusias terhadap apa yang diupayakan oleh Unika dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas lingkungan agar senantiasa terjaga dengan baik. Harapannya apa yang kami terima ini dapat menjadi percontohan bagi  kelompok wisata di waduk lain, tandasnya.
Sementara salah satu anggota tim pengabdian Unika, Shandy Jenifer Matitaputty juga menyampaikan bahwa dukungan terhadap POKDARWIS tidak hanya dari sisi teknologi saja tetapi juga dari sisi manajemen pembukuan.
“Dengan penghasilan yang didapat oleh para pemilik perahu ini maka pada tahun 2019 pokja-nya dibuatkan NPWP oleh pemerintah,“ jelasnya.
Jadi karena hal tersebut tentu implikasinya juga banyak, diantaranya harus membuat laporan pembukuan dan pajaknya juga.
Mengingat kondisi tersebut, para pemilik perahu juga bingung cara mengisinya bagaimana, maka dengan pengabdian ini kita juga bantu agar pembukuannya rapi dan pembayaran pajaknya bisa tepat, pungkasnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom