Search
Close this search box.

Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Gelar Talkshow Terkait Kesiapan PTM

image

Fakultas Psikologi, Unika Soegijapranata, di Kota Semarang, Jawa Tengah, menggelar talkshow dengan topik “Siapkah Kita Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM)?”, pada Sabtu (19/6) kemarin, secara daring.

talkshow ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian dies natalis ke-37 Fakultas Psikologi.

Dalam siaran pers dari Humas Unika yang diterima KuasaKatacom pada Senin (21/6), ada beberapa narasumber yang kompeten untuk mengulas topik tersebut. Diantaranya yakni psikolog klinis Unika Kuriake Kharismawan SPsi MSi Psikolog  dan psikolog pendidikan Unika Dr Lucia Hernawati MS.

Dalam penyelenggaraan acara talkshow ini,  Kuriake Kharismawan yang menjadi narasumber sesi pertama menyatakan perlunya perhatian atas beberapa hal yang terkait dengan kondisi pandemi covid-19 dan pelaksanaan pendidikan hybrid learning maupun daring.

"Saya pernah melakukan survei dengan jumlah sekitar 260 orang sebagian guru-guru SMA tetapi mayoritas adalah guru-guru TK dan PAUD. Dalam survei tersebut diketahui bahwa hampir 89% guru-guru SMA menyatakan  ingin segera tatap muka, tetapi guru-guru TK dan PAUD hanya sekitar 65% yang siap untuk tatap muka," ungkap Kuriake.

Hal tersebut, kata dia, mungkin juga berkorelasi dengan jumlah guru yang telah mendapatkan vaksin lengkap. Untuk guru-guru SMA kurang lebih sekitar 71% yang telah mendapat vaksin lengkap tetapi untuk guru-guru Paud dan TK itu baru sekitar 59% yang sudah mendapat vaksin lengkap.

Dengan mengingat kondisi tersebut maka perlu ada kewaspadaan dari para guru atau semua warga bahwa bahaya covid adalah nyata

"untuk itu kita harus waspada namun jangan sampai mengalami ketakutan yang ekstrem sehingga akan berdampak pada memuncaknya emosi kita," tegasnya Selain itu, lanjutnya, warga juga perlu menjaga emosi dengan mengontrol dan mengetahui diri sendiri dalam batas tertentu, apakah sudah kelelahan atau tidak bahkan bisa saja frustasi dalam mengajar.

Selanjutnya, kata dia, diharapkan para guru mempunyai model atau cara untuk mengendalikan emosi saat sudah tinggi supaya tidak menyakiti para murid, orang lain maupun diri kita sendiri.

"Maka perlu dilakukan beberapa cara untuk mengurangi stres kita yaitu dengan olahraga,  beribadah, melakukan hobi, dan lain sebagainya," jelas dia

Dengan demikian perlu ada pengelolaan emosi dan pengelolaan kejiwaan supaya mampu menyelenggarakan proses pendidikan dengan jiwa yang sehat dan tetap semangat, terangnya.

Sementara narasumber sesi kedua yang disampaikan oleh Dr Lucia Hernawati tentang bagaimana belajar bisa dilakukan dengan banyak metode, tidak harus dengan tatap muka, tetapi bisa juga dilakukan di antaranya dengan melalui hybrid learning.

“Kita tentu mengenal portal rumah belajar. Di portal rumah belajar itu para guru membagikan video-video atau sumber-sumber yang lain yang bisa diakses oleh siswa pada saat ia belajar di rumah," jelas Lucia

Namun yang perlu harus diketahui dengan metode ini perlu ada catatan yang harus diberikan dengan evaluasi yang terus-menerus. Evaluasi dimaksud adalah kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua, artinya apabila anak mengalami kesulitan meskipun sudah diberikan video dan informasi lainnya, maka hal tersebut disampaikan kepada guru yang bersangkutan,  supaya ada pendampingan selanjutnya.

"Selain iti, seorang guru juga perlu empati dan terbuka, supaya apabila terjadi kesulitan dalam proses pembelajaran dapat segera teratasi. Sehingga dengan demikian semua yang terlibat baik guru, orang tua dan semua pihak harus update dan upgrade serta bekerjasama," tandasnya.

https://kuasakata.com/read/berita/33233-fakultas-psikologi-unika-soegijapranata-gelar-talkshow-terkait-kesiapan-ptm

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom