Search
Close this search box.

Angin Segar Perkuliahan Digelar Tatap Muka

Dunia perkuliahan di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah mendapatkan izin dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Namun, hal itu tidak menjadikan ratusan perguruan tinggi di Jateng berbondong-bondong menghentikan perkuliahan secara dalam jaringan (daring) menjadi perkuliahan di kelas.

Salah satunya Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang yang berencana baru memberlakukan kuliah tatap muka pada semester depan.

“Target saya baru semester depan. Tapi, Oktober besok itu saya berikan dispensasi untuk ke kampus. Karena terkait dengan pembelajaran yang ke arah skill, jadi harus praktikum,” kata Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Ferdinandus Hindiarto kepada halosemarang.id, Kamis (16/9/2021).

Tidak seluruhnya program studi diberikan izin menggelar tatap muka. Hanya program studi tertentu yang ia perbolehkan untuk tidak melakukan perkuliahan daring, karena berkaitan dengan kemampuan dan keahlian mahasiswa menempuh studi.

“Kedokteran tidak mungkin hanya menjalani perkuliahan secara online tanpa praktik. Prodi Teknik Sipil, ada laboratorium beton, mekanika tanah itu juga tidak mungkin online. Kemudian Teknik Pangan yang harus praktik,” tutur pria yang akrab disapa Ferdinan ini.

Kajian-kajian telah ia siapkan bersama dengan pembantunya. Dalam semester ini, tidak menutup kemungkinan program studi lain akan menyelenggarakan perkuliahan tatap muka. Namun, tergantung urgensi setiap program studi.

“Minggu depan membentuk tim yang akan mengkaji, menyiapkan segala sesuatunya tentang itu. Sedangkan yang lain nanti dilihat case per case-nya untuk periode semester ini,” tambah mantan GM PSIS ini.

Pandangannya, menggelar aktivitas perkuliahan tatap muka harus dikaji dan dirancang dengan matang-matang. Perihal program studi yang belum bisa meninggalkan daring, pihaknya telah menyiapkan strategi. Sementara, fasilitas-fasilitas di dalamnya telah dipastikan siap mendukung.

“Insfratruktur juga sudah dipersiapkan. Namun apakah hibrid, atau langsung total itu butuh kajian. Kami ingin persiapannya bagus, tidak boleh gegabah. Jangan sampai nanti menjadi sesuatu di kemudian hari,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, perguruan tinggi dapat melakukan simulasi perkuliahan langsung dan berkoordinasi dengan pemerintah.

“Kalau kami, saya izinkan, silakan uji coba. Tinggal kita koordinasi kalau di perguruan tinggi itu sedang uji coba. Menurut saya tidak apa-apa, dimulai saja,” tandasnya

https://halosemarang.id/angin-segar-perkuliahan-digelar-tatap-muka

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! Daftar onlinepmb.unika.ac.id #BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨#IdulAdha#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰Daftar onlinepmb.unika.ac.id#DKV#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

JOJOBETbahsegelcasibomjojobet