Search
Close this search box.

Mengenal Seni Fotografi Jalanan Bersama Erik Prasetya, 25 Tahun Lebih Mengabadikan Momen di Jalanan

Mengenal Seni Fotografi Jalanan Bersama Erik Prasetya, 25 Tahun Lebih Mengabadikan Momen di Jalanan

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang mengadakan Ruang Rabu Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP) bertema ‘Kajian Kota dan Lingkungan melalui Lensa Street Photography’.

Seminar ini diadakan di Ruang Teater Thomas Aquinas Gedung Thomas Aquinas Lantai 3 Kampus Unika Bendan Dhuwur Kota Semarang pada Rabu (24/8/2022).

Seminar ini mengndang mengundang Erik Prasetya sebagai satu dari 20 Fotografer Asia paling berpengaruh versi Invisible Asian Photografer.

Ruang Rabu sendiri merupakan forum publik yang dibentuk oleh Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP) Unika Soegijapranata.

Ruang Rabu membahas mengenai permasalahan lingkungan, perkotaan serta mengenai sastra.

Selain itu, melalui forum Ruang Rabu pihak PMLP juga mengadvokasi kelompok masyarakat yang berhadapan dengan aparatur pemerintah dalam persoalan pembangunan seperti masyarakat di sekitar Pegunungan Kendeng yang meliputi Kabupaten Kudus, Blora, Pati, Rembang, Grobogan di Jawa Tengah dan Tuban di Jawa Timur.

Street photography atau foto jalanan sendiri merupakan bagian dari perwujudan dari mata seseorang untuk melihat dan menangkap hubungan antar manusia, atau antara manusia dengan bangunan serta alam.

Sebagai seorang Street Photographer, Erik Prasetya menjadi pembicara dalam Ruang Rabu karena ia ingin membagikan pengalaman yang menyenangkan kepada para penyuka street photography.

“Saya menjadi pembicara dalam Ruang Rabu karena saya ingin berbagi pengalaman motret dan saya ingin ini menyebar di antara para penyuka street agar mereka memotret sambil mempelajari kota dan mereka bercerita tentang kota,” ungkap Erik di hadapan peserta dari dosen maupun mahasiswa Unika Soegijapranata.

Ia menambahkan, dirinya juga ingin mereka memakai indra dan pengetahuannya untuk menceritakan apa yang terjadi di kota.

Terlepas dari teknik yang tidak segera dibicarakan, estetika itu penting tetapi di luar itu kegunaan fotografi sebagai sarana untuk menyumbang sesuatu di luar dirinya seperti estetika, keindahan, kesukaan kita terhadap fotografi.

“Tetapi ada sumbangan yang lain pada pengetahuan dan photography punya kemampuan itu,” tegas Erik.

Selain memotret, Erik Prasetya juga melakukan proyek pribadi mengenai poros Sudirman-Thamrin pada tahun 1990 dan pernah menjadi fixer untuk Sebastiao Salgado.

Kemudian Erik Prasetya juga membuat buku foto yang berjudul Eros dan Reformasi (2019), Women on Street (2018), dan Jakarta Banal Aesthetic (2010).

Ketertarikan Erik Prasetya dalam memotret tentu saja karena pengalaman yang menarik saat ia terjun dan merasakan sendiri euforia memotret dan mampu berada di situasi tertentu dan melaporkanya melalui hasil foto.

“Persoalan yang banyak ini yang harus kita tahu. Ibaratnya kita itu seperti orang yang meminjamkan tubuh dan skill untuk berada pada situasi-situasi tertentu dan melaporkannya,” tambanya.

Erik menegaskan, saat ia merasakan dengan tubuh, apa itu sesak napas, apa itu polusi yang ada di lapangan, apa itu trotoar jelek, serta kenapa di sepanjang trotoar ini terdapat kursi dan seringkali digunakan oleh pedagang kaki lima.

“Kemudian saat kita merasakannya, ini menjadi pengalaman tubuh,” pungkasnya.

Erik Prasetya termasuk dalam 20 fotografer paling berpengaruh di Asia menurut The Invisible Photography Asia pada tahun 2012.

Erik Prasetya sendiri pernah menempuh pendidikan di Jurusan Tambang Institut Teknologi Bandung (ITB) dan memutuskan menjadi fotografer dan bekerja untuk foto jurnalistik, antropologi, maupun iklan dan minatnya pada manusia di kota.

# https://jateng.tribunnews.com/2022/08/27/mengenal-seni-fotografi-jalanan-bersama-erik-prasetya-25-tahun-lebih-mengabadikan-momen-di-jalanan?page=all.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! Daftar onlinepmb.unika.ac.id #BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨#IdulAdha#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰Daftar onlinepmb.unika.ac.id#DKV#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

JOJOBETbahsegelcasibomjojobet