Menggandeng PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express), Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Soegijapranata Catholic University (SCU) menggelar Kuliah Umum “Behind the Scenes of Visual Communication Design and Ethics with JNE.” Diikuti kurang lebih 100 mahasiswa, kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 21 November 2024 di Gedung Henricus Constant, Kampus 1 SCU Bendan. Adapun mahasiswa merupakan peserta Mata Kuliah Marketing Communication (Marcom), Digital Media Design, dan Board Game.
Ketua Program Studi DKV SCU Louis Cahyo Kumolo Buntaran, MM menerangkan kegiatan ini bertujuan mengenalkan peran DKV dalam proses kreatif untuk membentuk citra perusahaan. “Bukan hanya sekedar mendesain, melainkan teman-teman mahasiswa juga diajarkan bagaimana strategi komunikasinya. Contoh seperti membuat sebuah campaign atau launching produk, desain yang cocok bagaimana untuk mendukung strategi tersebut,” lanjutnya.
Louis juga menekankan pentingnya mahasiswa untuk tidak melupakan pendekatan etis dalam merancang maupun menjalankan strategi tersebut. Menurutnya, etika menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan dalam proses kreatif.
Sependapat, Senior Vice President Marketing JNE Express Eri Palgunadi menilai peran etika juga perlu dilibatkan melalui isu-isu sosial dan budaya yang dekat dengan masyarakat. Konten visual seperti ini yang menurut Palgunadi dapat mendukung pesan yang relevan dengan konsumen. Hal itu penting mengingat mereka semakin kritis terhadap konten visual yang dikonsumsi.
Dalam konteks industri, penerapan komunikasi visual yang etis dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas terhadap brand. “Marketing punya peran untuk mengenalkan dan memposisikan brand, agar bisa terus relevan dengan konsumen. Harapannya bisa membangun persepsi, kemudian membuat komunitas yang bisa mendekatkan brand dengan konsumen,” pungkas Palgunadi.
Hadir sebagai dosen tamu, Palgunadi mengajak mahasiswa memahami bagaimana membangun strategi komunikasi pemasaran menggunakan konten visual. Mahasiswa pun aktif berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam merancang strategi komunikasi visual, khususnya yang sesuai dengan nilai-nilai etika. Menurut Louis, kegiatan sejenis penting untuk membekali mahasiswa, sehingga mereka punyai gambaran sebelum terjun ke dunia industri selepas lulus.
Jalinan Kerja Sama
Merupakan agenda pertama, Marketing Communication and Partnership JNE Express Jateng Widiana menuturkan pihaknya bakal memperluas bentuk jalinan kerja sama. Salah satunya yaitu menghadirkan program magang, baik di kantor cabang maupun pusat JNE Express.
“Kami juga punya program untuk menyediakan gratis ongkir menggunakan JNE di mana teman-teman mahasiswa yang punya usaha, khususnya yang berbasis online. Teman-teman juga akan kami libatkan dalam kompetisi desain yang biasa kami selenggarakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun JNE,” terangnya.