Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Indonesia Marketing Association (IMA) Soegijapranata Catholic University (SCU) mengadakan kegiatan “Marketing In Action” (MIA) pada 8-22 April 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mempromosikan produknya ke pasar yang lebih luas dan memberikan pengalaman berharga bagi anggota IMA dalam pengabdian masyarakat.
“Kegiatan ini membantu UMKM mempromosikan produknya dan melatih anggota MIA dalam soft skill, wirausaha, serta problem solving,” ujar pengurus UKM IMA SCU, Ratnaduhita Candrawati.
Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang, terdiri dari 5 panitia dan 14 peserta. Partisipan melakukan kunjungan ke UMKM pada 18 Mei 2024 untuk mempresentasikan hasil kunjungan dan solusi yang telah dirancang guna mengatasi masalah yang dihadapi. “Kami berdiskusi dan bertukar pendapat tentang apakah solusi tersebut benar-benar menjawab kebutuhan pelaku UMKM atau menambah masalah,” kata Ratnaduhita.
Selain memberikan solusi, peserta juga menganalisis segmen pasar dan kemampuan pelaku UMKM dalam mengikuti perkembangan teknologi. “Kami belajar menganalisis pasar yang tepat dan kemampuan pelaku UMKM terhadap perubahan zaman,” tambah Ratnaduhita.
Ia pun berharap dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi UMKM di Semarang dan sekitarnya, serta mengembangkan potensi anggotanya dalam pengabdian masyarakat. “Kami berharap melalui kegiatan MIA ini, kami dapat lebih banyak membantu UMKM di sekitar dan memberikan solusi yang membuat usaha mereka bertahan dan berkembang,” tutur Ratnaduhita.