Pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 yang lalu, UKM IMA Workshop Unika mengadakan acara workshop dengan dilakukan secara online. Di adakannya acara workshop ini sendiri dengan tujuan untuk memahami bagaimana cara meningkatkan penjualan produk melalui creative marketing serta untuk meningkatkan penjualan dengan strategi marketing. Pada kesempatan kali ini, IMA Workshop Unika periode 2021/2022 turut mengundang narasumber yaitu kak Nita Christina. Beliau adalah narasumber yang mengsisi kegiatan acara IMA Workshop dan juga memiliki bisnis online yang cukup dikenal oleh masyarakat luas Kegiatan ini dilakukan untuk mensharing dari pengalaman kak Nita Christina selama memulai bisnis dari tahap nol hingga berhasil mengembangkan bisnisnya.
Sebagai pembuka acara IMA Workshop ini terdapat beberapa kata sambutan yang diberikan oleh kepala LPMA (beliau yang menggantikan Wakil Rektor karena sedang berhalangan hadir), kemudian sambutan dari pembimbing UKM IMA sekaligus Ketua Panitia dari IMA Workshop. Setelah menyampaikan kata sambutan, dilanjut oleh MC dengan membacakan profile dan CV dari narasumber yaitu Kak Nita Christina.
Di dalam penyampaian materi yang diberikan oleh kak Nita Christina, ada beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai awal mula memulai bisnis. Tahap pertama dalam memulai suatu bisnis yaitu : Branding. Untuk memulai suatu branding di sosial media, perlu ada basic functional, visual branding & brand tone, Audience Persona, Different Platform For Different Purpose. Hal ini sangat diperlukan karena dalam memulai sebuah bisnis, pebisnis harus menunjukkan kepada masyarakat tentang profile bisnis tersebut, bio description, banner, brand feeling, dan the tone voice of our content. Setelah selesai pemaparan materi yang diberikan oleh kak Nita Christina, kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab. Pada kesempatan kali ini, kerap beberapa pertanyaan yang disampaikan dari peserta yang hadir maupun panitia IMA Workshop. Tidak hanya itu, dari adanya sesi tanya jawab ini, akan dipilih 3 pertanyaan yang terbaik yang akan mendapatkan hadiah dalam bentuk uang. Selain sesi tanya jawab, terdapat juga doorprize bagi peserta, yang diharapkan agar peserta membuat sebuah konten di sosial media mereka yaitu Instagram stories tentang kesan & pesan selama mengikuti acara IMA Workshop ini, tentunya juga akan dipilih beberapa pemenang yang sekiranya kontennya terbaik dan mendapatkan doorprize berupa uang. Sebagai akhir dari penutup acara, terdapat beberapa kesimpulan yang di sampaikan oleh MC tentang acara IMA Workshop ini.
Memang dampak dari pada pandemi berpengaruh sekali pada kegiatan IMA Workshop. Terutama sulit sekali untuk berkumpul dan melakukan kegiatan UKM. Semoga ke depannya dengan diadakannya acara workshop ini diharapkan dapat memberikan ide – ide yang baru. (#Gracia Stephanie Juniarti Sianturi)