Search
Close this search box.

Belajar Tips dan Trik Menulis Viral Melalui Kuliah Umum Online

kuliah umum online prodi Sistem Informasi melalui webinar cyber unika

Seiring  dengan perkembangan zaman, terutama di era digital, maka teknologi semakin canggih dan memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kita. Apabila kita melihat apa yang diakses oleh kaum muda saat ini, tampak begitu mudahnya mereka mengakses informasi hanya dari genggaman tangan saja alias menggunakan gawai atau smartphone.
Menyikapi kondisi tersebut, maka pada hari Rabu (13/5) Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata, telah menghadirkan seorang narasumber sekaligus praktisi yang kesehariannya banyak berkutat dengan media informasi baik cetak maupun online yaitu Gunawan Permadi.
Gunawan Permadi yang sampai saat ini masih menduduki posisi sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Suara Merdeka, selama kurang lebih dua jam telah memaparkan materinya yang bertemakan “Tips Praktis Menulis Cepat dan Viral”, dalam acara kuliah umum yang dilaksanakan secara online melalui Cyber Unika dan bisa disaksikan secara streaming di youtube.
Sedangkan sebagai moderator dalam acara kuliah umum tersebut adalah Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC yang merupakan dosen prodi Sistem Informasi yang mengampu mata kuliah Penulisan Kreatif.
Dalam paparan materinya Gunawan menyebutkan ada tiga aspek yang harus dipahami dalam membuat sebuah tulisan, yaitu (1) aspek Etika, artinya dalam menulis kita harus memperhatikan atau berkaca pada hati nurani dan karakter, sebab apa yang tertulis itu yang terekam oleh pembaca. (2) Tips dan trik mencari atau menggali tulisan dengan mudah. (3) Memanfaatkan teknologi yang ada supaya tulisan menjadi viral.
“Berkisah dari statistik adalah merupakan langkah yang lebih mudah untuk mencari ide atau gagasan dalam menulis, namun diperlukan beberapa hal dalam prosesnya, diantaranya adalah unsur kritis. Salah satu situs yang direkomendasikan yaitu katadata.co.id atau bisa juga menggunakan google trends,” jelasnya.
Sedangkan yang penting dalam penulisan populer jika dirangkum ada dua hal yang utama yaitu “(1) Jadikan yang penting itu menarik, (2) dan jadikan yang menarik itu penting,”imbuhnya.
Dalam paparan berikutnya, Gunawan juga mengulas tentang penggunaan teknologi supaya tulisan menjadi viral, diantaranya dengan memperhatikan SEO (Search Engine Optimization) Google.
“Algoritma google juga penting digunakan supaya tulisan kita menjadi viral, baik algoritma  BERT (Bedirectional Encoder Representations from Transformers) untuk tahun 2020, maupun parameter  algoritma EAT (Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness) yang digunakan pada tahun 2019,” paparnya.
Rekonstruksikanlah  imajinasi anda, dan gabungkan dengan ide atau gagasan anda, maka tulisan anda akan menjadi berkarakter dan menyentuh atau menginspirasi, tandasnya.
Sedangkan Prof Ridwan dalam pesannya juga berharap kepada peserta kuliah umum untuk mulai berani menulis dengan lebih luas dan dalam serta menambahkan data statistik supaya tulisannya lebih berkarakter dan menyentuh. Sementara  kuliah umum yang diikuti secara online melalui webinar cyber unika maupun youtube ternyata diikuti oleh sekitar 62 peserta dan ditonton sebanyak 195 orang.
“Sebenarnya setiap orang pasti bisa menulis, dan melalui kuliah umum ini kita jadi mengetahui apa saja yang harus diketahui dan dilakukan supaya tulisan kita tidak dingin-dingin saja, melainkan bisa lebih hangat melalui tips dan trik yang disampaikan oleh Bapak Gunawan Permadi,” jelasnya.
Mari kita tunjukkan bahwa meskipun dalam keseharian kita berkutat dengan komputer tetapi tulisan kita bisa menarik dan menginspirasi banyak orang, tutupnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom