Search
Close this search box.

MAHASISWA UNIKA TULIS BUKU BROADCAST BERBASIS INTERNET

BUKU SIARAN TVInovasi adalah kunci kesuksesan bagi setiap orang yang ingin berhasil. Mengandalkan sumber daya yang tersedia tanpa adanya inovasi tentulah membuat suatu karya yang dihasilkan menjadi kurang maksimal. Bermula dari kecintaannya pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Soepra, Naftalita Calista Putri dan Edwin Leonardo telah membuat suatu karya untuk UKM yang menjadi primadona di lingkungan Unika Soegijapranata dengan didampingi oleh Dr. Ridwan Sanjaya, S.E, S.Kom, MS.EIC  dengan menulis buku berjudul “Mudah membuat siaran TV berbasis Internet dan Peluang Finansialnya.”
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer tersebut berusaha untuk membuat inovasi terhadap UKM Radio Soepra Unika yang saat ini masih mengandalkan streaming melalui website dan aplikasi ke langkah yang lebih maju menjadi UKM yang bergerak dalam streaming TV berbasis Internet.“Awalnya kami diajak oleh Dr. Ridwan Sanjaya selaku Wakil Rektor IV untuk mengembangkan UKM Radio di Unika Soegijapranata. Kebetulan Dr. Ridwan juga merupakan pembimbing UKM tersebut. Kami melihat bahwa dengan menggunakan streaming dan aplikasi saja kurang menarik perhatian audience untuk mendengarkan siaran, oleh karena itu kami bersama Dr. Ridwan Sanjaya berusaha berinovasi untuk mengembangkan teknologi dari streaming biasa menuju ke TV menggunakan fitur youtube,” tutur Naftalia.
Menurut mereka, siaran melalui youtube tersebut dipandang memiliki pengaruh besar dan animo yang lebih tinggi bagi kalangan anak muda,  mengingat streaming dengan visual jauh lebih menarik daripada hanya sekedar streaming suara yang biasa dilakukan oleh UKM Radio. Selain itu, melalui siaran dengan TV Youtube juga dapat memperkenalkan kepada publik mengenai UKM Radio yang ada di Unika dan bisa meningkatkan minat audience untuk mengenal serta mengikuti lebih jauh kegiatan yang ada di Soepra Radio ini.
Melalui Trial and Error
Tak semua perjalanan akan selalu lurus dan mudah dilalui, begitu pula dalam proses pembuatan buku ini yang dilakukan oleh Edwin Leonardo dan Naftalita Calista. Kedua mahasiswa ini juga menemui berbagai hambatan dan tantangan, salah satunya adalah pada saat mereka harus memulai dari nol untuk bisa mempelajari bagaimana membuat siaran dengan aplikasi serta fitur youtube tersebut.
BUKU BROADCAST UNIKA BARU“Awal membuat buku tersebut kami harus memulai dari nol karena kami juga belum mengenal bagaimana cara membuat buku tersebut, selain itu kami juga melakukan trial and error untuk menemukan bagaimana cara menggunakan youtube dan melihat finansialnya. Kami juga melakukan sharing-sharing dengan orang yang terbiasa dengan menggunakan youtube (Youtubers) sampai akhirnya kami menemukan bagaimana menciptakan karya yang bisa digunakan oleh masyarakat umum terutama untuk Soepra Radio,” jelas Edwin.
Dalam penulisan bukunya, mereka selalu dibimbing oleh Dr. Ridwan Sanjaya untuk menyelesaikan buku tersebut.
“Dalam pembuatan buku Ini, Dr. Ridwan Sanjaya menjadi pembimbing kami dalam penulisan, baik tata tulis maupun arahan mengenai bahan yang harus dipelajari, yang selanjutnya kami explore sendiri dengan proses yang sudah diceritakan. Kami berharap buku yang telah kami hasilkan bisa diterapkan pada UKM Radio Soepra untuk berinovasi dan berkembang lagi. Serta bagi  masyarakat umum yang berminat dalam dunia broadcasting bisa memanfaatkan peluang teknologi yang sedang maju saat ini,” pungkasnya. (Ign)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişcasibom girişCASİBOMCasibomholiganbetcasibomCasibomcasibomjojobet girişcasibomcasibom güncel girişcasibomcasibom girişcasibom girişcasibomCasibom Girişcasibomcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetgirişi jojobetjojobet giriş