Search
Close this search box.

Roadshow dan Seminar Perpustakaan Unika

Roadshow PerpustBerdasarkan penelitian dari OCLC (Online Computer Library Center), didapatkan bahwa 84% pengguna informasi mendapat informasi dari hasil pencarian di search engine dan 90% para pengguna seach engine menggunakan informasi yang diperoleh dari search engine sedangkan hanya 2 % konsumen yang menggunakan informasi dari literatur perpustakaan. Berkaitan dengan hal tersebut Unit Perpustakaan Unika Soegijapranata mengadakan kegiatan roadshow dan seminar yang akan diadakan pada tiap fakultas di Unika Soegijapranata. Adapun kegiatan roadshow akan diadakan mulai hari  Senin (13/3) hingga Senin (27/8).
Dalam kegiatan  roadshow  akan ada beberapa materi yang akan disampaikan antara lain meliputi teknik evaluasi sumber informasi di internet, sumber-sumber informasi ilmiah elektronik, strategi penelusuran informasi ilmiah menggunakan Boolean Logic, aplikasi anti plagiasi Plagscan, dan membuat daftar pustaka dengan aplikasi Reference Manager Mendeley.
Sedangkan dalam seminar akan disampaikan mengenai perbedaan suatu web apakah milik perorangan atau suatu instansi tertentu, seperti misal suatu web diketahui milik pribadi apabila dalam linknya terdapat tanda ~ (ide). Adapun beberapa domain yang digunakan oleh suatu badan atau instansi tertentu yang diakhiri oleh .ac(academic); .edu(education); .or(organization) adalah instansi yang bergerak di bidang pendidikan.
Adapun beberapa indikator yang dapat menjadi kualitas informasi yang diperoleh antara lain : artikel karya ilmiah memiliki nama penulis dan editor yang jelas serta daftar pustaka. Untuk kebenaran informasi yang diperoleh saat ini dapat dicheck dengan suatu program yaitu “Alexa”. kemudian link web yang akan diuji dicantumkan maka akan terdeteksi banyak orang yang telah mengakses web tersebut dalam bentuk grafik.
Siapkan sekitar 15.000 data
Unika Soegijapranata sendiri saat ini juga telah berlangganan beberapa web sebagai sumber mengambil data rujukan dalam penulisan karya ilmiah. Bagi mahasiswa yang belum tahu mengenai sumber-sumber yang dapat digunakan sebagai data rujukan, dapat mendatangi Ruang Multimedia Gedung Perpustakaan Lantai 3.
“Perpustakaan Unika Soegijapranata menyiapkan sekitar 15.000 data digital yang tersimpan dalam Repository Unika Soegijapranata dan berdasarkan data statistik, pengguna  data dari repository antara pengguna dari luar Unika Soegijapranata dengan jumlah pengguna dari mahasiswa Unika sendiri hampir berimbang. Untuk di lingkup Unika, repository dapat diakses di Ruang Multimedia Lantai 3 dan Ruang Skripsi Lantai 5 Perpustakaan Unika Soegijapranata. Sementara yang lainnya dapat mengakses repository  Unika dengan mendaftarkan diri di Lantai 2 Perpustakaan kemudian dengan menunjukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), alamat e-mail dan email akan direply dengan username dan password untuk membuka repository ” jelas Agung Hartadi sebagai salah satu karyawan perpustakaan Unika Soegijapranata.
Unika Soegijapranata juga berlangganan emeraldinsight.com (alamat web yang berasal dari Inggris untuk menyediakan berbagai jurnal dan buku dan semuanya dapat didownload secara full text) yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Selain itu untuk membantu mahasiswa yang masih menyusun karya ilmiah, Unika Soegijapranata menyarankan untuk menggunakan Mendeley Web Importer yang berguna untuk menyimpan dan menyusun daftar pustaka suatu buku secara otomatis. Program Mendeley sendiri digunakan untuk menyimpan berbagai sumber rujukan ilmiah baik itu jurnal dan buku resmi. Penggunaan Mendeley dan pembuatan karya ilmiah seperti skripsi sangat berhubungan dan akan sangat membantu, khususnya pada bab II dalam skripsi. (Cal)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişcasibom girişCASİBOMCasibomholiganbetcasibomCasibomcasibomjojobet girişcasibomcasibom güncel girişcasibomcasibom girişcasibom girişcasibomCasibom Girişcasibomcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetgirişi jojobetjojobet giriş