Sejak tahun 2019 Unika Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah telah menggunakan layanan elektronik DELTA untuk bimbingan Tugas Akhir. Sehingga ketika semua aktivitas pembelajaran harus dialihkan ke model daring di tahun 2020, DELTA mampu menjembatani kebutuhan bimbingan Tugas Akhir dengan dosen pembimbing.
Humas Unika; F Yuwono Agus mengatakan, di DELTA bukan hanya bimbingan berkas tugas akhir saja yang bisa dilakukan disana, tetapi juga bimbingan tatap muka secara daring karena adanya fitur video conference telah diintegrasikan di dalamnya.
“Seminar tugas akhir, pemeriksaan anti-plagiasi, dan pendaftaran wisuda juga menjadi fitur-fitur yang disediakan oleh sistem informasi DELTA,” kata Agus, dalam keterangannya, Rabu (7/10/2020) pagi.
Agus menuturkan, karena dokumentasi elektronik itu, maka semua aktivitas tercatat secara baik seperti tanggal unggah berkas, tanggal respon dosen dan mahasiswa, sampai dengan proses nilai dan pemeriksaan anti-plagiasi. Dengan begitu, semua pihak baik orangtua, mahasiswa, dan dosen dapat saling memantau perkembangan tugas akhir yang sedang dilaksanakan.
“Orangtua juga dapat melihat proses bimbingan Tugas Akhir anaknya melalui dalam sintak.unika.ac.id/ortu,” jelasnya.
Dalam perkembangan waktu, di dalam DELTA, Unika mengembangkan konsep Gamifikasi dalam pembelajaran diterapkan di dalam Cyber Learning. Konsep Itu dikembangkan oleh UPT Perpusatakaan Unika.
“Inovasi ini dibuat agar mahasiswa semakin bersemangat dalam menyelesaikan tugas akhirnya,” sambung Agus.
Ia menjelaskan, dalam konsep itu, setiap aktivitas mahasiswa dalam bimbingan Tugas Akhir akan mendapatkan penilaian oleh sistem, dari sisi kecepatan, ketekunan, kegigihan, keakuratan, dan persentase tahapan penyelesaian.
Aktivitas yang dinilai antara lain kecepatan dalam merespon dosen pembimbing, jumlah bimbingan yang sudah dilakukan, kegigihan dalam bimbingan tugas akhir, dan akurasi dalam menjalani proses tugas akhir.