Search
Close this search box.

Civitas Unika Soegijapranata Diajak Menimba Spritualitas dari Jantung Kristus

image

Unika Soegijapranata Semarang menggelar misa syukur Dies Natalis ke-39, secara daring, pada Kamis (22/7/2021).

Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata Romo Alosysius Budi Purnomo dalam kotbahnya kembali mengingatkan seluruh civitas akademika tentang teladan patron Unika yaitu Mgr Albertus Soegijapranata dan peran Unika Soegijapranata di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam dokumen gereja yang dibuat oleh Santo Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 15 Agustus 1990 yang bernama Ex Corde Ecclesiae menyebutkan bahwa setiap perguruan tinggi Katolik dan universitas Katolik lahir dari Jantung Gereja dan hadir di tengah-tengah masyarakat,” kata Romo Budi, kepada peserta acara melalui ruang virtual Unika dan Youtube.

Oleh karena itu, kata dia, dalam misa syukur ini dirinya memimpin misa dengan menggunakan kasula dengan gambar Kerahiman Ilahi. Hal ini menurut dia menggambarkan Betapa Jantung Gereja tidak bisa dipisahkan dari Jantung Kristus yang ditandai dengan kerahiman, kerendahan hati dan kemurahan hati.

“oleh sebab itu jika universitas Katolik disebutkan lahir dari Jantung Gereja itu berarti setara juga dengan lahir dari Jantung Kristus sendiri,” jelasnya. Dengan demikian, kata dia, Santo Paus Yohanes Paulus II melalui Ex Corde Ecclesiae mengajak siapapun yang menjadi bagian dari universitas Katolik dipanggil juga untuk menimba spiritualitas dari Jantung Kristus atau Jantung Gereja yang diekspresikan melalui sikap peduli, menghargai, kemurahan hati, membawa perdamaian, dan memperjuangkan keadilan. Sehingga seluruh tugas tanggung jawab yang diemban sesuai dengan Tri Dharma Bakti civitas akademika juga diarahkan dalam spitualitas tersebut.

“Kita bersyukur  39  tahun keberadaan Unika Soegijapranata menghadirkan semangat dan spirit itu di  dalam setiap pengabdian, penelitian dan pengajaran serta dalam pelayanannya. Itu berarti para dosen dan tendik hadir membawa kemurahan dan cinta kasih Kristus dengan segala kerendahan hati di tengah gereja dan bangsa. Dan itulah yang dicita-citakan dan dihidupi oleh Mgr Albertus Soegijapranata dan kemudian menjadi tagline Unika yaitu menggali bakat dan talenta untuk kemanusiaan dan untuk bangsa,” terang dia.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-39 Unika Soegijapranata Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD menyinggung tema Dies Natalis ke-39 Unika Soegijapranata yaitu “Antusiasisme Bertransformasi”.

“Sesuai dan seiring dengan tema karya Unika Soegijapranata pada tahun ini, maka tema Dies Natalis juga tidak jauh berbeda, dan meskipun kita saat ini masih dalam kondisi PPKM tetapi hal tersebut bukan menjadi halangan bagi kita untuk melakukan sesuatu, sehingga berbagai hal tetap kita laksanakan dengan modifikasi dan adaptasi,” ungkap Aji.

Rangkaian acara lainnya selain misa syukur, lanjutnya, pada tanggal 31 Juli nanti Unika juga akan mengundang alumni-alumni dari seluruh nusantara maupun luar negeri dalam kegiatan ‘Alumni Home Coming’. Dalam kesempatan itu, kata dia, Unika ingin mengumpulkan sekaligus saling sharing diantara para alumni yang kebetulan di masa pandemi ini justru bisa menyatu dari manapun di ruang virtual.

 

https://kuasakata.com/read/berita/34980-civitas-unika-soegijapranata-diajak-menimba-spritualitas-dari-jantung-kristus

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

holiganbetcasibom son girişJOJOBETcasibom güncel giriş 2024​casibom 760güncel girişlerJojobetjojobetJojobetCasibom GirişCasibomCasibom