Search
Close this search box.

Kaji Fenomena Kesurupan, Dosen Unika Semarang Raih Gelar Doktor di UGM

image

Seorang dosen psikologi Unika Soegijapranata Semarang, Dr Siswanto MSi Psikolog baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Program Doktor Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Uniknya, objek yang diteliti Siswanto mengenai kesurupan.

Disertasi tentang kesurupan tersebut berjudul "Konstruksi Keyakinan Agama Personal Pada Individu yang Pernah Mengalami Gangguan Kesurupan". Disertasi ini diuji pada 13 Desember 2019 lalu, dan dinyatakan lulus serta diwisuda pada Rabu (22/4).

"Tema disertasi saya memang berbau supranatural bagi kebanyakan orang. Jadi tema ini nampaknya juga tidak umum untuk di Indonesia. Lalu saya memang sempat sedikit mengalami kesulitan awalnya berkaitan dengan sumber data, teori, kemudian juga penguji, sehingga membutuhkan usaha lebih keras bagi saya untuk meyakinkan penguji bahwa tema ini layak untuk diangkat dalam tema disertasi," kata Siswanto dalam siaran pers dari Unika, Selasa (19/5/2020).

Siswanto mengaku tema kesurupan memang kerap dia bawa ketika memberikan kuliah atau menjadi narasumber. Tema itu juga dia bawa saat mengisi kuliah di Jurusan Psikologi Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Negeri Makassar, Ukrida, Unika Surabaya, IPK Aceh, S2 Psikologi UGM Yogyakarta, IPK Jateng, Fakultas Teologi UKDW, STT Abdiel Semarang, API Indonesia,Universitas Ciputra Surabaya, Unika Musi Charitas Palembang, Universitas Sebelas Maret Solo, dan beberapa lembaga keagamaan lainnya.

"Bahwa tema kesurupan itu sifatnya bukan supranatural tetapi memang bisa dilihat dari sisi ilmiah. Seperti yang sering saya sampaikan dalam setiap memberikan kuliah atau menjadi narasumber di berbagai kuliah umum, seminar, dan pelatihan mengenai kesurupan dan penanganannya," jelasnya.

Siswanto menyebut dalam proses penyelesaian disertasi itu, dia sempat magang di Makassar selama tiga bulan. Studi pendahuluannya juga tidak lepas dari pengalaman mahasiswa yang pernah kesurupan di Universitas Negeri Makasar.

"Saya memiliki kerinduan, masyarakat Indonesia ini kan sebagian besar masih percaya dengan hal-hal yang sifatnya gaib, lalu kenyataan bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut tetap dilanggengkan padahal beberapa penanganannya justru kurang sehat," jelasnya.

Dia berharap penelitian ilmiahnya ini bisa membuka pandangan masyarakat soal kesurupan yang tak selalu berbau mistis. Sebab, ada penjelasan ilmiah mengapa peristiwa itu bisa terjadi.

"Saya berharap penelitian saya menjadi salah satu yang membuka wawasan orang Indonesia terutama yang membaca penelitian saya bahwa yang selama ini dianggap berbau magic dan supranatural itu sebenarnya secara psikologi juga ada penjelasannya secara ilmiah," harapnya.

Dia pun bangga disertasinya itu dinyatakan layak dan berhasil mendapat nilai A. Selama penulisan disertasi, dia dibimbing tim promotor yang terdiri dari Prof Subandi MA PhD sebagai promotor, serta Dr Ira Paramastri MSi sebagai co-promotor.

"Karena tema disertasi saya yang tidak umum maka dalam penyusunan disertasi saya perlu banyak berdiskusi dan curah gagasan dengan tim promotor," cetusnya.

Tema kesurupan juga pernah diulas Siswanto lewat bukunya yang terbit pada 2015 silam. Dia kini ingin menambah pengetahuan tentang kesurupan tersebut.

"Pada tahun 2015 sewaktu mulai memasuki studi S-3, buku saya yang mengupas tentang kesurupan itu juga terbit melalui penerbit andi, Yogyakarta, dan menurut informasi dari penerbitnya, selama satu tahun di Gramedia, buku saya masuk menjadi 100 besar buku terlaris" bebernya.

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5021661/kaji-fenomena-kesurupan-dosen-unika-semarang-raih-gelar-doktor-di-ugm/all

berita serupa:

https://seputargk.id/meneliti-kesurupan-dosen-unika-soegijapranata-lulus-disertasi-doktoral/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760casibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom