Search
Close this search box.

LPPM Unika Soegijapranata Gelar Workshop Penulisan Buku Ajar

image

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata gelar workshop penulisan buku ajar secara daring di ruang virtual Unika, Kamis (12/8/2021)
Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Benny Danang Setianto, SH, LLM, MIL mengapresiasi atas terselenggaranya workshop tersebut.

Menurutnya, LPPM Unika telah melakukan penyelenggaraan worksop dengan menunjukkan pemikiran yang positif dan ‘out of the box’.

“LPPM Unika selalu menemukan celah-celah baru dalam mengemban dan mengembangkan tanggung jawabnya untuk mengejawantahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unika Soegijapranata,” ucapnya.

Dikatakan, Unika Soegijapranata menjadi tempat yang subur untuk persemaian para tenaga pendidik atau dosen. Dengan begitu, semuanya bisa saling dukung dan bekerja sama antar dosen.

“Saya juga melihat apa yang dilakukan adalah lingkaran yang harus dihadapi oleh dosen yaitu lingkaran pengajaran, penelitian dan pengabdian, maka putarannya jika sudah menyelenggarakan penelitian dan pengabdian semestinya juga kembali menjadi bahan ajar,” imbuhnya.

Nara sumber dalam acara workshop ini ialah Dr J Wijanto Hadipuro, SE, MT yang merupakan penerima hibah buku ajar Dikbud-Ristek, dan sekaligus penulis buku yang berjudul ‘Manajemen Lingkungan Hidup untuk Bisnis: Teori dan Aplikasi’. Serta nara sumber kedua yaitu Ignatius Eko B Setiyono, SPd, MM dari penerbitan Buku Unika Soegijapranata.

Mengawali paparan materinya, Wijanto menyampaikan, beberapa hal yang harus dipenuhi untuk pengajuan hibah buku ajar.

Menurutnya, persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengajuan hibah buku ajar di antaranya, minimal 200 halaman dan harus ada pembimbing. Selanjutnya, pengajuan hibah akan diklasifikasikan menjadi dua yaitu hibah buku yang belum terbit, dan hibah buku yang sudah terbit, dan berikutnya akan ditemukan dengan pembimbing untuk menyelesaikan buku ajar.

“Kemudian saya menulis buku kedua yang saya beri judul ‘Teknik Menulis Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah’ yang merupakan gabungan dari materi kuliah dari bermacam-macam mata kuliah,” paparnya.

“Dalam hal mencari inspirasi untuk menulis buku, saya justru mendapatkannya berdasarkan acuan dari sebuah buku yang saya baca secara sekilas,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, sistematika penulisan juga sangat mempengaruhi kemudahan pembaca untuk memahami isi buku. Antarbab, sambungnya, harus ada ‘benang merah’ yang menghubungkan. Sebelumnya, juga harus ada tracking force untuk memudahkan dalam mengembangkan pada masing-masing babnya.

“Setiap program studi (prodi) memiliki school of thought tertentu dan ini sejalan dengan urusan akreditasi BAN PT karena berkaitan dengan keunikan prodi yang sering ditanyakan oleh asesor saat akreditasi, dan keunikan tersebut muncul dari school of thought,” terangnya.

Sementara nara sumber kedua, Eko memaparkan, penerbitan Unika Soegijapranata dan kemajuan serta prestasi yang berhasil diraih.

“Penerbitan Unika Soegijapranata telah masuk menjadi anggota Aliansi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Dan sebenarnya tidak mudah untuk bisa masuk menjadi anggota dari keduanya,” paparnya.

Hingga saat ini, ia menyebutkan, penerbit Unika telah menerbitkan buku ISBN sebanyak 219 buku. Dalam kaidah buku ajar versi cetak menurut Dikti meliputi ukuran buku A5, Unesco atau B5, ukuran teks 11 atau 12, sedangkan jenis kertas HVS atau Bookpaper, Book Binding dan cover harus laminasi.

“Untuk kaidah tata letak menggunakan program aplikasi Ms-Word. Maksimal hanya diperbolehkan tiga penulis, apabila lebih dari tiga maka ditulis dan kawan-kawan. Kemudian latar belakang buku biasanya berisi sinopsis atau ringkasan isi buku itu yang memancing pembaca untuk membaca lebih jauh,” tuturnya.

Sebagai informasi, mengenai daftar pustaka, sebagai panduan dapat memanfaatkan www.mendeley.com. Buku yang bermutu juga harus memiliki indeks, yaitu untuk membantu pembaca mencari kata-kata penting. Demikian juga adanya glasarium, karena akan sangat membantu mengetahui terminologi asing yang ada dalam buku.

https://halosemarang.id/lppm-unika-soegijapranata-gelar-workshop-penulisan-buku-ajar

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

holiganbetcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760güncel girişlerJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/jojobetcasibomJojobetCasibom GirişCasibomcasibomcasibomCasibom