Search
Close this search box.

Mahasiswa FHK Unika Diedukasi Kasus Perlindungan Konsumen

image

Masyarakat termasuk mahasiswa tidak banyak mengenal Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). Padahal saat ini banyak terjadi kasus yang merugikan konsumen, termasuk mahasiswa. ‘’Saat ini masih banyak konsumen yang diam saja meski merasa dirugikan.

Bahkan ada yang tidak tahu harus mengadu ke mana untuk menyelesaikannya,’’ kata Ketua Komisioner BPKN Dr Ir Arief Safari MBAdalam ‘’Kuliah Umum Edukasi Perlindungan Konsumen bagi Mahasiswa Fakuktas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Soegijapranata’’, Kamis (20/12) di Gedung Teater Thomas Aquinas, Unika. Kuliah umum yang diikuti para mahasiswa dan dosen itu, juga menghadirkan anggota komisioner BPKN Bambang Sumantri dengan moderator dosen FHK Y Budi Sarwo.

Kegiatan itu dibuka Dekan FHK Marcella E Simanjuntak. Dalam kuliah itu, Arief memberikan banyak informasi terkait kasus pelanggaran konsumen, mengapa bisa terjadi pelanggaran terhadap konsumen, apakah yang bisa dilakukan saat terjadi pelanggaran terhadap konsumen.

Kemudian informasi sekilas mengenai BPKN, dan infomasi sekilas mengenai Undang-Undang Perlindungan Konsumen. ‘’Kini BPKN menerima aduan langsung baik dari masyarakat maupun lembaga pengaduan konsumen,’’ kata Arief.

Bambang Sumantri menambahkan, BPKN merupakan lembaga yang memfasilitasi produsen dan konsumen agar manjalin transaksi jual beli secara aman. BPKN bukan lembaga yang menyelesaikan sengketa, namun memfasilitasi agar pelaku usaha tidak melakukan hal tersebut lagi. Menurut dia, pengaduan kepada BPKN tidak dipungut biaya apa pun, hanya membawa berkas yang diperlukan.

Pengaduan bisa melalui call center, Whatsapp atau email yang telah disediakan. Arief menyampaikan kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang perlindungan konsumen menyebabkan tingkat kesadaran dan pemahaman konsumen dan pelaku usaha di daerah terhadap Undang- Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) masih terhitung rendah. Diharapkan para mahasiswi akan membangun jejaring informasi mengenai hak dan kewajibannya sebagai konsumen.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak, Suara Merdeka 21 Desember 2018 hal. 24

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message