Search...
Close this search box.

Rumah Belajar dan Rumah Sukacita

Rumah Belajar dan Rumah Sukacita

Oleh: DR. Heny Hartono, SS, MPd, Kepala Lembaga Pengkajian & Pengembangan Pendidikan Unika Soegijapranata Semarang

INSTITUSI pendidikan seyogyanya adalah rumah belajar bagi setiap pihak yang terlibat dalam proses belajar tersebut. Di dalamnya ada peserta didik, tenaga pengajar, tenaga pendidikan, dan orang tua. Proses belajar tidak terbatasi oleh usia dan kedudukan. Dalam segala posisi dan peran masing-masing, proses belajar adalah proses seumur hidup.

Demikian pula dalam sebuah institusi pendidikan, semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan harus mengalami proses belajar dari hari ke hari. Guru harus belajar untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sebagai pengajar yang berkualitas, peserta didik harus terus belajar di bawah bimbinan guru, tenaga kependidikan harus terus belajar memberikan pelayanan terbaik, dan orang tua harus terus belajar menjadi pendamping belajar anak.

Dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi, mahasiswa, dosen, pengelola perguruan tinggi, dan tenaga kependidikan perlu pula terus belajar merawat kampus sebagai rumah belajar yang penuh dengan kesukacitaan. Kesukacitaan belajar di kampus perlu diusahakan oleh seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Pada hakikatnya sukacita adalah kekuatan. Yaitu kekuatan yang mendorong gairah atau passion untuk belajar.

Joyful Learning
Dalam tulisannya, Tukiman Taruna (2022), ketua Dewan Penyantun Unika Soegijapranata sekaligus penggiat pendidikan, mengangkat isu tentang “Universitas Sekolah Dasar” dan menyorot bagaimana suasana penuh keceriaan dan menyenangkan di jenjang pendidikan yang lebih rendah mulai dari PAUD tampak semakin berangsur berkurang di jenjang pendidikan yang semakin tinggi.

Sebagai sebuah rumah belajar, seluruh komponen yang ada dalam sebuah perguruan tinggi harus turut mengusahakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Tak dapat dipungkiri bahwa suasana yang menyenangkan mencakup berbagai aspek pendukung proses belajar mengajar. Namur demikian, joyful learning dapat dimulai dari setiap pribadi yang ada di perguruan tinggi. Sedikit bermain-main dengan akronim kata “Joyful”, ada setidaknya empat hal yang dapat menjadi parameter untuk menghadirkan kesukacitaan dalam kampus sebagai sebuah rumah belajar. Empat hal tersebut adalah “J” untuk Jolly yang berarti keceriaan yang membawa semangat serta kekuatan untuk bergerak dan belajar, “0” untuk Open-minded, suatu sikap membuka diri untuk belajar, ‘Y’ untuk Youthful -semangat muda yang tak dibatasi usia untuk terus belajar, serta “Full” untuk FULL of energy yang menjadi penggerak dan pendorong semangat untuk belajar.

Kampus yang dapat menjadi rumah belajar yang penuh kesukacitaan akan menjadi rumah belajar bagi seluruh komponen yang terlibat dalam proses pendidikan tersebut. Kampus harus menjadi rumah bagi dosen untuk belajar memberi kesempatan kepada mahasiswa berpikir kritis, kreatif, visioner, peduli, dan tangguh lewat berbagai aktivitas pembelajaran yang disusun dan direncanakan dengan rapi.

Kampus menjadi rumah penuh sukacita bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mencari relasi antara pengetahuan yang mereka dapatkan dari dosen, berbagai sumber belajar digital dan pustaka dengan kehidupan. Bahkan, mahasiswapun dapat belajar langsung di tengah masyarakat sebagai laboratorium nyata.

Menarik pula bahwa para alumni pun dapat turut ambil bagian dalam proses belajar ini lewat pengalaman kontekstual yang mereka bagikan dalam kelas untuk adik-adik se-almamater mereka. Pengelola dan tenaga kependidikan juga merupakan komponen penting dalam usaha menjadikan kampus sebagai rumah belajar yang penuh sukacita melalui pelayanan yang ramah dan humanis. Sebagai rumah belajar, kampus menjadi tempat untuk menggembleng dan mengangkat manusia-manusia muda sehingga mereka akan menjadi pribadi yang mumpuni dalam bidang ilmunya serta memiliki kematangan pribadi yang siap mengambil peran sebagai pemimpin di era global ini.

Ambil peran
Meminjam istilah Hoi Aristoi yang diperkenalkan oleh Mgr. Soegijapranata, di akhir masa belajar mereka di perguruan tinggi, mahasiswa akan menjadi cendekiawan yang siap mengambil peran sebagai pemimpin. Sejalan dengan hal tersebut, seluruh komponen yang ada dalam perguruan tinggi harus bahu membahu menciptakan sekaligus menjaga atmosfir belajar yang penuh sukacita lewat model pembelajaran yang khas seperti yang tengah dikerjakan oleh Unika Soegijapranata dengan model pembelajaran yang disebut sebagai Soegijapranata Learning Model.

Soegijapranata Learning Model mengusung semangat kesukacitaan dalam belajar yang akan mendorong dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni ikut terlibat aktif dalam proses belajar. Dosen dan mahasiswa akan ditantang untuk mempertajam kekritisan, kreativitas, sikap visioner, kepedulian, serta ketangguhan dalam berbagai aktivitas belajar yang kontekstual.

Sebagai rumah belajar, kampus juga memberikan ruang kepada mahasiswa dan dosen untuk merefleksikan pengalaman belajar di akhir semester. Refleksi akan membawa dosen dan mahasiswa pada peningkatan demi peningkatan dalam proses belajar itu sendiri.

Sejatinya sebuah institusi pendidikan adalah institusi strategis untuk menyampaikan kabar sukacita kepada mahasiswa dan masyarakat luas melalui pengetahuan, sumbangan hasil penelitiari, serta berbagai program yang dirancang sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Sinergi yang harmonis antara berbagai unsur penyelenggaraan proses pendidikan di kampus adalah sebuah kekuatan untuk menjadikan kampus sebagai rumah belajar yang penuh sukacita. (*)

# Tribun Jateng 2 Maret 2022 hal. 2

https://jateng.tribunnews.com/2022/03/02/opini-heny-hartono-rumah-belajar-dan-rumah-sukacita

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

JOJOBETbahsegelcasibomjojobet