Rangga Moela ajak generasi muda memaksimalkan relasi yang ada. Pemaksimalan relasi menjadi salah satu yang dapat menentukan dalam memulai dunia entrepreneur.
Hal itu diungkapkan personil Smash di seminar social media for young enterpreneur oleh Koperasi Mahasiswa Unika Soegijapranata di kampus setempat, Sabtu (22/6/2019).
Tribun Jateng menjadi media partner seminar ini.
"Mumpung masih muda, perbanyak relasi untuk memaksimalkan karir saat ini dan masa depan," paparnya.
Pemanfaatan relasi juga dialami Rangga Moela sejak muda.
Setelah tak lolos ajang pencarian bakat menyanyi selama enam kali, Rangga diajak oleh tim Smash untuk bergabung.
"Saya tiba-tiba diajak. Sebelumnya juga sudah kenal dengan beberapa member Smash. Itu membantu sekali," ungkapnya.
Selain itu, Rangga juga diketahui menjadi owner Ed-Jeh, brand pakaian fashion sejak Februari 2014.
Nama Ed-Jeh merupakan plesetan dari kata bahasa Inggris Edgy yang berarti cara busana yang lain dari yang lain.
Terkait hal itu, lagi-lagi Rangga menilai relasi menjadi salah satu hal yang membuat usahanya semakin maju.
Di antaranya fashion Ed-Jeh tampil di Jakarta Fashion Week.
"Untuk masuk sana, sebuah brand bisa membayar sampai Rp 350 juta. Tapi saya bisa gratis karena ada relasi dari salah satu majalah," ungkap dia.
Selain relasi, ia mendorong untuk generasi muda tak cepat puas dengan apa yang sudah didapatkan.
"Dan bermimpi harus setinggi mungkin,"
Selain Rangga Moela, hadir juga Nilamsari Sahadewa, owner Franchise Kebab Turki Baba Rafi.
Nilamsari menilai, untuk berproses di dunia enterpreneur satu hal yang harus percaya dengan bisnisnya.
"Kalau bukan kita yang percaya dengan bisnis kita, siapa lagi?"
"Bukan hanya kerja keras tapi kerja cerdas. Pas rugi bukan meninggalkan tapi bagaimana mencari jalan keluar," imbuhnya.
Kezia Clarissa, ketua panitia seminar Kopma menuturkan acara ini dibuat untuk mengedukasi generasi muda terutama mahasiswa terkait bisnis.
"Jadi kita ingin mengadakan pembelajaran dengan mengundang guest star di bidang itu," katanya.
Menurutnya untuk dunia enterpreneur masa kini, sosial media menjadi hal yang penting. Sosial media dapat digunakan untuk berbisnis dan memamerkan hasil produknya.
"Sosial media itu penting digunakan untuk berbisnis dan bermanfaatkan ke depan agar lebih visioner," ungkapnya.
Ia berharap lewat seminar ini, generasi muda mampu berfikir kreatif, visioner, dan secara maksimal memanfaatkan sosial media.