Search
Close this search box.

Unika Soegijapranata Lakukan Pertukaran Pelajar Realisasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

image

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang mulai menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Program tersebut merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang standar nasional pendidikan tinggi.

Rektor Unika, Ridwan Sanjaya mengatakan, Unika berkomitmen dalam penyelenggaraan pembelajaran perkuliahan MBKM bersama Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK).

Menurut Ridwan, program MBKM bukan hal yang asing bagi Unika Soegijapranata. Berbagai program di dalam MBKM, telah dijalanlan Unika jauh sebelum kebijakan tersebut dicanangkan. Di antaranya terkait kebijakan pertukaran pelajar dan magang kerja.

"Jadi sejak tahun 2017 itu kita sudah membangun beberapa sistem yang ada kaitannya dengan magang kerja, KKN atau KKU. Demikian pula program-program yang ada kaitannya dengan kreatifitas mahasiswa serta pertukaran pelajar. Hanya saja dengan kebijakan MBKM dari pemerintah maka kita adaptasikan pada tahun-tahun terakhir ini," kata Ridwan, dalam press conference secara virtual, Jumat (12/3/2021).

Dikatakannya, Unika siap untuk menghadapi yang namanya disruptive innovation sehingga berbagai hal yang dikembangkan sejak 2017 memang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, misalnya dalam bentuk digital.

"Segala layanan yang dibangun dalam empat tahun ini, kita integrasikan sehingga tidak menjadi suatu layanan yang terpisah-pisah. Tetapi menjadi satu layanan yang terintegrasi yang memungkinkan semua orang merasakan dampaknya secara otomatis," ucapnya.

Terkait pelaksanaan program MBKM, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Cecilia Titiek Murniati menjelaskan Unika Soegijapranata berusaha untuk mewadahi dan melaksanakan Program MBKM yang dimulai oleh pemerintah sejak awal tahun 2020 hingga sekarang.

Tentu saja hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan baik hardskill maupun softskill agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman. Kemudian menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa dan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

"Unika Soegijapranata sudah melaksanakan program-program yang ada kaitannya dengan MBKM dan dengan pembukaan MBKM ini akan memberi kesempatan baik kepada para mahasiswa di Unika maupun yang ingin belajar di Unika untuk memperluas pengetahuannya," paparnya.

Ia menuturkan, persiapan telah dilakukan sejak Agustus 2020 lalu dengan menggandeng Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK). Kerjasama yang dibangun di antaranya terkait pertukaran pelajar.

Beberapa APTIK yang bekerjasama yaitu Universitas Bina Nusantara, Universitas Sanata Dharma, Universitas Padjajaran, Universitas Kristen Petra, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Kristen Maranatha.

"Kita akan melaksanakan MBKM dalam bentuk pertukaran pelajar bersama jaringan NUNI dan APTIK. Saat ini kita sudah mendapatkan 18 mahasiswa dari luar Unika," tambahnya.

Sementara untuk jaringan APTIK, ada sembilan mahasiswa Unika Soegijapranata yang mengikuti Merdeka Belajar di Universitas Atmajaya Jakarta dengan mengambil mata kuliah Indonesian Culture and Multiculturalism.

Setelah pembukaan MBKM ini, para mahasiswa akan mendapatkan pembekalan teknis, tentang bagaimana kuliah di Unika, bagaimana sistem presensi, kemudian seperti apa Learning Management System (LMS).

"Ini menjadi bagian bagaimana kita melayani dan mendampingi para mahasiswa yang sangat antusias belajar di Unika. Harapannya, para mahasiswa yang belajar di Unika dari perguruan tinggi lain, maupun para mahasiswa Unika yang belajar ke perguruan tinggi lain dapat merasakan manfaat dari Program MBKM," harapnya.

sumber:  https://jateng.tribunnews.com/2021/03/12/unika-soegijapranata-lakukan-pertukaran-pelajar-realisasikan-program-merdeka-belajar-kampus-merdeka.

 

berita serupa:

https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/257302-unika-soegijapranata-luncurkan-program-merdeka-belajar-kampus-merdeka?page=all

https://ayosemarang.com/read/2021/03/13/73463/unika-soegijapranata-luncurkan-program-merdeka-belajar-kampus-merdeka

https://www.kalderanews.com/2021/03/unika-soegijapranata-launching-program-mbkm-secara-virtual/

https://kontenjateng.com/unika-launching-program-mbkm-secara-virtual/

https://kuasakata.com/read/berita/28375-unika-soegijpranata-buka-program-mbkm-virtual

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom