Search
Close this search box.

Vaksinasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

image

Vaksinasi diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara Indonesia. Pascavaksinasi diyakini berdampak positif pada tren ekonomi dan investasi yang sempat melambat karena pandemi.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Prof Dr Andreas Lako menuturkan, prospek ekonomi pascavaksinasi diharapkan akan terus tumbuh. Vaksinasi diyakini membawa optimisme bagi perekonomian Indonesia. Diharapkan pandemi yang sempat membuat pertumbuhan perekonomian minus akan kembali tumbuh setelah adanya vaksinasi. Apalagi setelah disahkannya UU Cipta Kerja. UU Cipta Kerja diharapkan bisa memperbaiki perekonomian Indonesia, mendorong investasi, mempercepat transformasi ekonomi, mengatasi problem regulasi.

“Pelaku pasar saham dalam hal ini investor sudah merespon baik UU Cipta Kerja,” tuturnya saat Ngobrol Virtual bertema Prospek Ekonomi Pasca Vaksinasi Covid- 19 yang diselenggarakan Suara Merdeka bersama Satgas Covid- 19, Kamis (21/1) melalui Zoom Meeting. Dia mengatakan, data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, realisasi investasi pada triwulan ketiga meningkat 8,9%. Pencapaian ini tidak semata-mata karena pemerintah menerapkan new normal, melainkan juga karena adanya UU Cipta Kerja. Sentimen positif UU Cipta Kerja mendorong peningkatan realisasi investasi. Sementara untuk di Jawa Tengah, penanaman modal dalam negeri tahun lalu justru meningkat dibandingkan dengan penanaman modal asing pada triwulan ketiga.

“Sangat mungkin jika pada triwulan keempat akan mengalami peningkatan sampai 104%,” ujarnya. Lalu, jika melihat kinerja investasi di Jateng pada triwulan ketiga meningkat 9,9%. Hal ini karena adanya dampak positif dari UU Cipta Kerja. Sementara, imbuh Andreas Lako, di Jawa Tengah masih ada isu-isu krusial. Data-data makro menyebutkan ada enam permasalahan, antara lain pertumbuhan ekonomi yang merosot, pengangguran terbuka terus naik.

Pada Agustus lalu naik dari 4,2 persen menjadi 6,8 persen. Isu krusial lainnya, kemiskinan naik masih 12- 13%, juga ketimpangan ekonomi, kesejahteraan rakyat menurun karena pendapatan perkapita yang defisit. Adapun isu-isu lainnya, antara lain regulasi daerah yang masih tumpang tindih. “Belum adanya simetris antara Pemda dengan Pemerintah Kota atau Pemkab setempat.

Pemerintah pusat maunya A diikuti Provinsi A dan responnya beda-beda saat diikuti Pemkab dan Pemkot,” jelasnya.

Masih Berlanjut

Andreas mengatakan, Covid- 19 masih akan berlanjut. Maka kehadiran UU Cipta Kerja diharapkan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan investasi. Lalu bagaimana dengan penipuan? dalam ketidakpastian pasar maka akan munculnya sekelompok orang yang berusaha menawarkan skim investasi yang tidak masuk akal dengan bunga tinggi kepada investor.

Hal ini yang perlu diwaspadai oleh masyarakat dengan maraknya penipuan investasi. Karena itu, diperlukan edukasi yang benar kepada masyarakat agar mereka tidak tertipu. Guru Besar Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Prof Dr FX Sugiyanto mengatakan, vaksin bersifat publik yang dibiayai pemerintah sudah menjadi keharusan. Sehingga vaksinasi berdampak baik bagi perspektif ekonomi. Kalau tidak dilakukan, akan mengancam substansi fiskal. Dalam kondisi krisis ini, vaksin benar-benar harus dilakukan.

Bagaimana dengan moneter dan keuangan? Ia memaparkan, secara makro Bank Indonesia mampu menjaga stabilitas harga di tingkat stabil. Didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melakukan pelonggaran seperti restrukturisasi kredit. Namun jangan sampai restrukturisasi kredit ini dimanfaatkan oleh bank yang tidak bekerja dengan baik.

Ruang untuk melonggarkan kredit dimanfaatkan oleh perbankan yang tidak bekerja dengan serius. Restrukturisasi boleh dipergunakan untuk mereka yang terdampak krisis. OJK perlu lebih tegas dan lebih kreatif. “Industri keuangan jangan sampai memburuk pada tahun 2022. Karena itu, diperlukan solusi agar kondisi ekonomi semakin membaik,” ungkapnya.

Pemerintah harus mengeluarkan kebijakan berdasarkan bukti. Lalu, reformasi birokrasi yang belum selesai. Juga, penyelesaian anggaran yang belum terserap. “Pandemi ini memberikan banyak pelajaran, di mana kita harus berubah. Berupaya untuk efisien. Baik dari sisi produksi maupun konsumsi. Bukan apa yang kamu inginkan, melainkan apa yang kamu butuhkan,” terangnya.

sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/nasional/253331-vaksinasi-dorong-pertumbuhan-ekonomi?page=all

berita serupa

https://ubahlaku.id/read/195703/vaksinasi-penyelemat-ekonomi

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message

casibom girişCASİBOMholiganbetcasibomcasibom son girişJOJOBETjojobetcasibom 733 girişcasibom güncel giriş 2024​jojobetcasibom 760Casibom Girişcasibom girisiCasibomgüncel girişlerCasibom GirişJojobethttps://jojobetgirisler.com/https://jojo-bet-giris.com/casibomjojobetcasibom